Friday, January 22, 2016

Stephen Hawking : Ilmu dan Teknologi adalah Ancaman Dunia

                                                   Hasil gambar untuk stephen hawking
Ilmu dan teknologi acapkali dijadikan salah satu tolak ukur kemajuan peradaban manusia. Semakin baik ilmu dan teknologi yang dicapai, jelas sebuah peradaban akan disebut sebagai peradaban yang maju.

Namun, anggapan tersebut mungkin tidak selalu benar. Setidaknya, itulah yang dipikirkan oleh seorang fisikawan terkemuka saat ini, Stephen Hawking. Dalam sebuah kesempatan, Hawking memperingatkan bahwa kemajuan ilmu dan teknologi dapat mengancam eksistensi manusia.
Menurut dia, kemajuan dalam bidang ilmu dan teknologi lambat laun dapat mengancam kehidupan manusia itu sendiri. Hawking menuturkan, senjata nuklir dan virus yang direkayasa genetik jelas dapat membahayakan eksistensi manusia jika tidak diatur.
"Kita (manusia) tidak akan berhenti membuat kemajuan maupun sebaliknya. Jadi kita harus mengenali bahaya yang mungkin terjadi dan dapat mengendalikannya," ujar Hawking seperti dikutip dari laman The Guardian, Jumat (22/1/2016).
                                                  Hasil gambar untuk nuklir
Tak hanya itu, Hawking juga memperkirakan bahwa bencana alam di Bumi juga dapat mengancam kehidupan manusia setidaknya satu sampai sepuluh ribu tahun ke depan. Namun, bukan berarti ketika itu manusia tidak dapat bertahan.
Sebab, Hawking optimistis bahwa pada saat kondisi itu tiba, manusia sudah dapat mengembangkan koloni di luar angkasa. Hanya saja, sebelum mencapai kondisi tersebut, untuk saat ini manusia masih harus berhati-hati dan bertahan hidup.
Sebelumnya, Hawking juga pernah mengutarakan kekhawatirannya terhadap perkembangan kecerdasan buatan yang begitu pesat. Fisikawan asal Inggris tersebut merasa bahwa kecerdasan buatan bisa menjadi petaka bagi manusia.
                                              Hasil gambar untuk luar angkasa

Sebab, manusia yang dibatasi oleh evolusi biologis yang sangat lambat tidak akan mampu bersaing dengan perkembangan kecerdasan buatan. Dan, posisi manusia dapat digantikan oleh keberadaan kecerdasan buatan tersebut.

No comments:

Post a Comment